SEKILAS BIOGRAFI SUTARMAN


Ir. H. Sutarman H. Masrun MM, Lahir di Kota Bima, 4 April 1966, Sutarman kecil yang akrab disapa dengan Sutarman Joy oleh teman-teman semasa kecilnya, mengenyam pendidikan dasar di SDN 6 Raba Penatoi, kemudian melanjutkan sekolah menengah di SMPN 1 dan SMAN 1 Bima, hingga menempuh pendidikan tinggi di UPN Veteran Jogkarta, dimana Sutarman muda mendalami Ilmu Geologi (Ilmu tentang bumi/Tanah) dan kini menyandang gelar Insinyur (Ir).

Dibangku kuliyah Sutarman terbilang cukup cerdas, terbukti dipilih menjadiKetua BPM dan Senat Fakultas Geologi UPN. Pengalaman berorganisasi di kampus ini kelak berlanjut di kehidupan masyarakat, dimana Sutarman aktif menjadi Aggota Dewan Pengurus ORARI Pusat, dan Ketua Divisi Hubungan antar Lembaga Yayasan OBOR Nusantara.

Salah satu kiprahnya yang paling membanggakan, ketika Sutarman mendirikan Kosambo (Komunitas Salaja Mbojo), sebuah organisasi sosial yang bergerak dalam bidang pemberdayaan ekonomi, sosial dan budaya masyarakat Kota Bima. Bersama kawan-kawan semasa kecil di Bima, Sutarman aktif menggerakkan aktifitas Kosambo yang berdiri pada awal tahun 2012 dan kini berbasis di Doro To’i Mande Kota Bima.

Selepas wisuda sarjana di UPN Yogyakarta, Sutarman meniti karir sesuai bidang ilmunya sebagai konsultan pembangunan industri energi. Berbekal pengetahuan dan pengalaman kerjanya yang mumpuni, Sutarman memasuki dunia usaha di bidang pertambangan batu bara, hingga berhasil menduduki jabatan direktur 3 perusahaan batu bara, yaitu Direktur PT. Inti Bara Perdana, Coal Mining Bengkulu, dan Direktur PT. Barito Energi Mandiri serta PT Coalindo Utama - coal Mining, Bartim-Kalimantan Tengah. Dengan kapasitas dan integritasnya, Sutarman dipercaya menjadi Sekjen Asosiasi Pertambangan Batu Bara Sumatera Selatan, disamping menjadi penasehat Asosiasi Pertambangan Batu Bara Bengkulu.

Kesibukan yang sebagian besar dilakukan di luar Daerah Bima, tidak serta merta melupakan tanah kelahiran (Dana Mbojo), Sutarman selalu memantau perkembangan yang terjadi di Bima. Sutarman pun berusaha mengorbitkan pemuda-pemudi berbakat asal Daerah Bima untuk berkompetisi di ajang D’Academy Indosiar Jakarta dan beberapa diantaranya telah berhasil menjadi bintang.

Banyak Ide-ide maupun gagasan yang ingin Ia terapkan di Kota Bima, itu berdasarkan pengalamannya melakukan study banding diberbagai daerah seluruh Indonesia, Sutarman pun bercermin dari berbagai bencana yang menimpa Kota Bima belum lama ini, menguatkan keyakinannya bahwa inilah saat yang paling tepat dan merasa akan bermanfaat bagi masyarakat di tanah kelahiran, hingga dengan kebulatan tekad , mengikrar diri “Hijrah untuk Bima yang lebih Baik” dengan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bima Periode 2018-2022. (AB)

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK KE ARTIKEL LAINNYA