MENGENALKAN BUDAYA PADA ANAK



Tidak dipungkiri anak-anak zaman now, sudah semakin jauh dari pengenalan pada akar budaya tradisi, apalagi para orang tua yang karena tugas atau alasan lain, terpaksa harus pindah atau menetap di Kota Metropolitan atau daerah lainnya, Aktifitas pun kian sibuk, sehingga pengenalan akar budaya tradisi pada anak-anak terabaikan.

Menyadari perkembangan yang sudah mengakhawatirkan tersebut, Ella Zainuddin, Wanita cantik asal Bima yang kini menetap di-Makassar ini, mencoba menyisakan waktu dari segala kesibukannya untuk mengenalkan budaya warisan leluhur yakni Budaya Bima kepada putranya Anggam Abdillah (2 thn)

Ella mengaku, pada awalnya Anggam tidak begitu tertarik, namun dengan seringnya bermain atau berinteraksi langsung dengan melihat, menyentuh alat-alat tradisional sembari bernyanyi dengan menyebutkan nama alat-alat tersebut dalam bahasa Bima atau memandingkannya dengan bahasa daerah lainnya, putranya mulai senang dan antusias. "Selain mengenalkan budaya juga mengenalkan beberapa bahasa, sehingga wawasan anak semakin luas" jelasnya.

Lebih lanjut Ella mengatakan, Bermain sambil bernyanyi dengan mengenalkan alat-alat permainan tradisi, mendengarkan cerita rakyat, hingga membuat kuliner tradisional khas Bima, terbukti efektif, contohnya ketika Anggam ia kenakan kain tembe renda Bima sambil memegang keris pusaka dari buyutnya, ia senang sekali, "Saking senangnya ia meronta dan menangis ketika pakaian tersebut akan dilepas kembali" ucap Ella.

Alumni D III Akademi Kebidanan Stikes Yapika Makassar ini, mengajak ibu-ibu lain agar menerapkan hal yang sama kepada putra-putri mereka. Pengaruh budaya moderen kian tidak terbendung dan sangat mudah dan cepat diakses di internet membuat anak-anak mudah dan gampang tertarik, akibatnya sedikit demi sedikit budaya tradisi kita kian terkikis. "Jika ini dibiarkan, maka cepat atau lambat warisan asli budaya tradisi akan segera punah, sehingga anak-anak generasi semakin tidak mengenal atau merasa asing dengan budayanya sendiri, sayang sekali" pungkasnya. (AB)


Share this article :

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK KE ARTIKEL LAINNYA