MEMETIK HIKMAH DARI KISAH NABI MUSA AS


ALKISAH dalam Alquran Surah Al Ghafir mulai ayat 23, dikisahkan tentang perjuangan Nabi Musa AS melawan kezaliman seorang penguasa tertinggi atau raja di Mesir kala itu yang bernama Firaun. Kekuasaan dan kezaliman Firaun semakin tidak terkendali sampai-sampai mendapuk dirinya sebagai Tuhan. Karena itu, Nabi Musa diutus Allah untuk mengahiri segala kezaliman Firaun dan mengajak penduduk Mesir untuk melawan Firaun.

Dalam surah lain, dijelaskan bahwa sewaktu Musa dilahirkan, ibunya takut sekali, ia khawatir Musa akan dibunuh karena undang-undang yang dikeluarkan Firaun pada saat itu, bahwa setiap bayi yang lahir laki-laki harus dibunuh. Atas petunjuk Allah, Musa dihanyutkan dalam sebuah peti di sungai nil hingga ditemukan oleh istri Firaun, lalu Musa diangkat menjadi anaknya.

"Setelah dewasa, Nabi Musa mulai melawan Firaun dan 2 (dua) orang terdekat Firaun, yakni Haman dan Qarun. Haman merupakan politikus busuk, sedangkan Qarun ialah pebisnis rakus".

Nabi Musa mengajak penguasa agar bertindak lurus, politisi berbuat jujur, dan yang kaya raya menjadi pemilik harta yang adil, akan tetapi, semua ajakan Nabi Musa ditolak, bahkan, mereka menuduh Nabi Musa seorang penyihir dan pembohong, Padahal, Nabi Musa datang kepada mereka dengan membawa ayat-ayat Allah.

Pengikut Nabi Musa, kian hari kian bertambah banyak, hingga Firaun merasa khawatir dengan ajakan pembaruan oleh Nabi Musa yang akan mengganggu stabilitas kekuasaannya. Karena itu, Firaun menentang keras dan mengejar Nabi Musa dan pengikutnya hingga ketepi laut merah dan atas petunjuk dan mujijat Allah, Nabi Musa bisa melintasi laut merah, sementara Firaun dan semua pengikutnya tenggelam dan binasa didasar laut.

Pesan dari kisah tersebut adalah, setiap orang harus mawas diri terhadap kekuasaan yang diamanahkan, Jangan berlaku zalim atau berbuat sewenang-wenang, Keadilan harus ditegakkan dan Jangan pernah melupakan Kuasa Allah SWT, karena kekuasaan-Nya tak bisa ditandingi oleh siapapun. "Kelak semua yang diperbuat akan dipertanggung-jawabkan dan segala dosa akan mendapat pembalasan yang setimpal".(AB)


#SalamIbadah

Share this article :

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK KE ARTIKEL LAINNYA