HAMDAN ZOELVA, BERANI MENEGAKAN KEADILAN



Menegakkan keadilan, dapat dilakukan siapa saja, bukan hanya oleh hakim, polisi, jaksa dan pejabat negara. Caranya dengan selalu berkata jujur dan benar, memberitakan yang benar, serta memberikan keterangan dan kesaksian yang benar, Demikian dijelaskan Mantan ketua MK Hamdan Zoelva dalam khotbah Salat Idul Fitri 1439 H di Masjid Nursiah Daud Paloh, Komplek Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, Jumat (15/6/).

Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam itu mengatakan, Jangan karena benci dengan seseorang atau terlalu senang pada seseorang kemudian melakukan tindakan yang tidak jujur, berkata tidak benar, dan berbuat tidak adil. “Keadilan tidak bisa ditegakan bila mengabaikan kebenaran” ucapnya.

Ada lebih dari 53 kata adil dan mengandung kata adil dalam Al Quran, yang menerangkan bentuk keadilan yang diturunkan Allah SWT melalui Wahyu-Nya dan melalui Nabi dan Rasul dengan Hadist-Nya agar kita semua melakukan tindakan yang adil. “Umat Islam harus berani menegakan keadilan, sebab, esensi ajaran Islam adalah keadilan” tegasnya.

Menegakan keadilan antar umat manusia, harus dengan hati yang jernih dan bersih. jangan karena benci dan tidak suka pada sesorang atau kelompok lalu berbuat semena-mena terhadap keadilan dan jangan pula karena membela diri, membela orangtua, kerabat maupun kelompok, lalu memberikan kesaksian yang tidak benar dan tidak adil.

Keadilan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Jika pemimpin tidak adil, rakyat akan protes dan tidak percaya lagi, maka cepat atau lambat, pemimpin tersebut akan jatuh dan tidak berharga dimata masyarakat.

Keadilan adalah cita-cita kemerdekaan yang harus diwujudkan dalam kehidupan sosial dan kebangsaan. Sia-sialah darah dan jiwa para syuhada yang telah mengorbankan nyawa dan hartanya, jika keadilan tidak bisa ditegakan. (AB)
Share this article :

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK KE ARTIKEL LAINNYA