PENGARUH GAWAIAN TERHADAP LINGKUNGAN SOSIAL



Di Era tahun 2007an, memiliki ponsel, masih dianggap biasa-biasa saja, namun se-iring perkembangan zaman dan semakin canggihnya ponsel dengan beragam aplikasi-aplikasi pintarnya, kini mulai terasa pengaruhnya. Pengaruh positif, Ya, tetapi jangan sepelekan pengaruh negatifnya.

Saat ini, Banyak orang di dunia sudah terhubung satu sama lain bahkan sangat akrab di dunia maya dalam percakapan sehari-hari. Sementara di dunia nyata, semakin banyak yang saling mengacuhkan dan cenderung tidak perduli meski ada orang lain dihadapannya yang ingin mengajaknya bicara, Mereka lebih memilih bercengkrama dengan ponselnya.

Kalau di luar negeri seperti Inggris, Brasil, Amerika Selatan dan Tengah, Eropa, dan Asia Tenggara mereka memakai istilah 'Phubbing' yaitu tindakan memegang ponsel dalam lingkungan sosial dari dua, tiga orang seterusnya, yang kemudian lebih memilih berinteraksi dengan ponsel itu ketimbang orang-orang dalam lingkungan tersebut.

Mungkin saatnya nanti, ditengah kekhawatiran kita semakin meninggi, akan lahir tata krama atau etika yang tidak tertulis dalam kitab UU, bahwa tindakan memegang ponsel atau lebih memilih berinteraksi dengan ponselnya ketika sedang diajak bicara, maka dianggap pelanggaran atau tidak sopan?

Kalau mau bicara jujur, dilingkungan keluarga anda sebenarnya sudah terjadi fenomena tersebut, coba saja panggil anak anda, boro-boro nengok, asyiiiik saja dengan gawaian (ponsel pintarnya), betul apa betul? (AB)

abunawarbima@gmail.com
Share this article :

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK KE ARTIKEL LAINNYA