KEMENRISTEK DIKTI LUNCURKAN PROGRAM UNGGULAN


Pada saat perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Surabaya, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) meluncurkan sejumlah program unggulan baru, seperti program “Rekognisi Pembelajaran Lampau” (RPL) yang notabene memberikan kesempatan kepada masyarakat dengan pengalaman yang dimiliki dapat meraih gelar setara pada level pendidikan tertentu. "Perguruan tinggi yang telah ditunjuk oleh pemerintah akan menentukan standar sesuai KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia),"

Program lainnya ialah Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Pendidikan Profesi Guru (PPG). PPG yang telah dijalankan belum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. "Mulai Juni akan dibuka pendaftaran prodi profesi guru. Program PPG baru di-launching pada saat Hardiknas."

Ke depan, juga ada program teaching industry atau program mengajar di industri. Calon guru akan dibekali pengalaman mengajar sekaligus belajar langsung agar dapat merancang pembelajaran sesuai dengan perkembangan yang dibutuhkan industri. Program lainnya ialah adanya Portal Kinerja Publikasi Ilmiah Dosen serta Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). "Tak ketinggalan Sistem Informasi Terintegrasi (Sister),"

Juga akan diluncurkan grand design sumber daya manusia (SDM) tenaga kependidikan, insinyur, dan kesehatan. Program tersebut diyakini sangat bermanfaat di dalam menyelaraskan kesiapan SDM lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan industri. Dengan kata lain, akan ada sejenis pemetaan untuk melihat sinkronisasi tersebut agar dapat berjalan baik. Demikian jumpa pers yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Patdono Suwignjo, Jumat (28/04).

#Sutarmanjoy #Kosambo #Bima
www.sutarmanjoy.com
Share this article :

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK KE ARTIKEL LAINNYA