TARIAN BIMA, MUNA RA MEDI


MUNA RA MEDI Adalah Tarian Dou Mbojo (Bima) Nusa Tenggara Barat yang mengambarkan gerakan tari diawali pengambilan kapas, pemisahan kapas, pemintalan hingga menjadi ‘Tembe Nggoli’

Secara sepintas mungkin anda akan mengatakan, pekerjaan menenun itu sederhana, mudah dan gampang, tetapi... sesungguhnya pekerjaan ini membutuhkan keterampilan khusus, ketelitian, ketekunan dan kesabaran, maka tak heran, Wanita Bima pada umumnya cukup sabar dalam menghadapi berbagai masalah, ibarat benang, sesulit apapun benang itu kusut, mereka mampu menguraikannya.

Semenjak beberapa perancang busana menggunakan tenunan Bima sebagai bahan busana mereka, tenunan Bima pun ikut terangkat dan terkenal hingga ke manca negara, Mengapa? Karena tenunan Bima itu unik, kuat dan berkwalitas.

Inilah berkah dari ketelitian, ketekunan dan kesabaran, Wanita Bima hingga mampu menciptakan Tenunan yang di akui dunia, maka, tak ayal, sejumlah perancang busana dari dalam hingga luar negeri ramai-ramai memburu tenunan ini langsung ke Bima. (AB) 


Abunawar Bima​
Share this article :

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK KE ARTIKEL LAINNYA