HORMATILAH GURUMU


Jika anda Alumni SMAN 1 Bima, Pastinya anda akan sangat mengenal siapa gerangan sosok dalam foto. Untuk menguji daya ingat anda, Sengaja saya tidak mencatumkan nama beliau tapi yang pasti, Beliau adalah guru bahasa Inggris kita. Allkhandulillah, Di Usia senjanya masih tetap sehat dan uniknya, Jika bertemu langsung, Beliau akan langsung mengenali kita, Subhanallah...!
Bincang-bincang dengan Beliau, Berikut Ini pendapat beliau tentang Dunia Pendidikan kita :

****

“Hormati Gurumu, Sayangi Teman... Itulah tandanya kau murid budiman". Sepenggal lagu itu mengingatkan kita tentang pesan moral orang tua pada anak. Bagaimana sang anak harus bersikap pada guru dan teman-temannya.

Nilai-nilai luhur dari seorang murid saat ini sudah semakin mengkhawatirkan, Seiring perkembangan peradaban dunia yang katanya kian moderen, tetapi rasa hormat pada guru kian luntur dan dianggap bukanlah sebuah kewajiban. Sekalipun ada rasa hormat, tidak lebih hanya formalitas belaka ketika sang murid merasa takut dimarahi gurunya.

Hampir semua guru, tidak ada yang berharap apalagi meminta untuk dihormati. Namun dari sudut pandang sebagai seorang murid, maka sejatinya menghormati guru adalah sebuah kewajiban. Guru tidak ubahnya sebagai sosok orang tua di sekolah, Jika hormat pada orang tua, hormat juga pada gurumu dan rasa takzim pada sosok tersebut merupakan wujud dari penghargaan pada ilmu yang mereka berikan.

Menjadi seorang Guru itu mudah jika tugasnya hanya sebatas menyampaikan mata pelajaran belaka, tetapi sesungguhnya guru memikul amanah yang amat berat yaitu menerapkan proses pengawasan akan perubahan sikap dan moral para muridnya. Terkadang guru menerapkan efek jera namun saat ini menjadi dilema bagi para guru karena cubit murid sedikit, masalah akan menjadi berbukit-bukit.

Dalam penerapan efek jera, banyak pihak memandang masih diperlukan, namun tidak sedikit yang memperkarakannya, itulah sebabnya guru lebih berharap peran orang tua agar berkesinambungan dalam pembentukan moral, mental anak didik yang paripurna. Dengan demikian akan terwujud tujuan pendidikan yang di idamkan. Seperti dalam penggalan lagu di atas, orang tua selalu berpesan untuk menghormati guru, menyayangi teman, Itulah tandanya murid yang budiman.

Kesuksesan yang kita raih, adalah buah dari ridhonya guru atas ilmu yang ia berikan, Demikian pula sebaliknya, Segala kegagalan yang menimpa, bisa jadi adalah buah dari rasa tidak hormat kita pada guru dan ketahuilah, Guru akan selalu ingat dan bangga jika mendengar segala kesuksesan yang telah diraih oleh murid-muridnya, maka Hormatilah Guru, Pahlawan tanpa tanda jasa bagi kita semua (AB)

Abunawar Bima
Share this article :

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK KE ARTIKEL LAINNYA