PELATIHAN MEMBUAT BLOG


Saat ini kita telah keluar dari Era Globalistik, Era millennium, Era dimana kebebasan berkomunikasi dan berinteraksi lintas Negara, lintas nasional, lintas regional sudah menjadi hal biasa. Interaksi sosial antar suku dan Negara sudah menjadi hal lumrah dalam mendorong pembangunan dan pengembangan sosial peradaban masyarakat. Saat ini kita sedang memasuki Era Ekonomi Kreatife, Era dimana para manusia-manusia Kreatife menemukan ruang, membuka ruang dan merancang peluang.

Di era Ekonomi Kreatife ini Lokalitas menjadi tonggak simbolitas dan identitas kebanggaan, ditengah sebagian yang lain sudah mulai melupakan sejarah daerah, identitas daerah dan simbolitas daerah. Daerah sebagai Patron Pembangunan yang berlandaskan pada Produk Lokal, SDM Lokal yang berpijak pada Budaya Lokal. “Thinking Global, Local Actualy”

Komunitas Salaja Mbojo (KOSAMBO) sebagai salah satu Komunitas yang cukup eksis dalam upaya melestarikan sikap, prilaku serta materi tradisional Bima menggagas Pelatihan Pembuatan Blogspot. Hal ini singkron dengan upaya memperkenalkan sekaligus Mempromosikan Produk Lokal serta gerakan Pemberdayaan sosial Masyarakat Bima agar dapat Go Nasional dan Go Internasional. Blogspot adalah Halaman maya pada media jejaring Sosial. Kita bisa melihat bagaimana Desa Internet yang ada di Kabupaten Sleman – Jogjakarta membangun usaha pemasaran Online oleh warganya sendiri. Demikian juga dengan ‘Kampung-Media.com’ sebuah Website yang digagas oleh Dishubkominfo NTB dalam mempromosikan NTB dimata Dunia. Karena kesuksesannya akhirnya masuk dalam Top Nine Award 

Ir. H. Sutarman Joy, MM, Ketua Dewan Pembina KOSAMBO sekaligus Pemilik Villa KOSAMBO yang dikonfirmasi oleh Tim Pemberitaan beberapa waktu yang lalu menyatakan bahwa Sudah saatnya –meskipun sedikit terlambat-, Masyarakat Bima melakukan kegiatan lintas budaya, lintas daerah dan lintas pasar melalui Pemasaran Holistik (Pemasaran secara Online dan langsung dengan jaringan sosial) terkait Produk Bima, terkait Potensi Bima, terkait apa saja yang memiliki nilai tetapi tidak mengganggu peradaban budaya sosial masyarakat yang terbangun. “Jejaring sosial atau Media Sosial saat ini sudah mendunia, saatnya kita harus melek teknologi agar tidak tertinggal dengan Daerah atau Negara lain, Untuk itulah Kita Gagas Pelatihan pembuatan Blog ini” Ujarnya semangat

Tim IT (Informasi dan Tekhnologi) BABUJU, Ahmad, yang dimintai Pendapat terkait Pelatihan tersebut merespon cukup bagus. “Semua instrument dan jaringan pendukung untuk Pelatihan Pembuatan Blog sudah dimiliki oleh KOSAMBO, tinggal kapan mau dilaksanakan, karena hal ini memang cukup penting diera Kreatif dan IT saat ini” Ungkapnya.

Salah seorang Blogger Bima, Ardy Evimip, menyatakan bahwa gagasan yang dibangun oleh KOSAMBO untuk melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Blog kepada Masyarakat Bima merupakan langkah cerdas dalam membangun paradigma masyarakat jauh meliwati batas regional dan Nasional. “KOSAMBO sudah memiliki Wifi yang akses dan kecepatannya cukup besar untuk standar Bima, ini Potensi sudah ada, tinggal dilaksanakan saja. Karena Warga Bima butuh Interaksi dan promosi potensi agar tidak hanya Teroris dan Konflik yang dikenal oleh masyarakat Luas, tetapi potensi-potensi yang tersembunyi sebagai ‘mutiara terpendam’ harus segera diketahui melalui Blogspot atau sosial media lainnya.

“Jika bukan sekarang kapan lagi, Jika Bukan KOSAMBO, siapa lagi yang mau adakan kegiatan pengembangan masyarakat dengan ide dan gagasan-gagasan cemerlang dalam membangun Sumber Daya Manusia di Dana Mbojo ini. Insyaallah dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan” pungkas H. Sutarman Joy yang mengelola Tambang Batubara di Bengkulu dan Kalimantan ini. (RB)
Share this article :

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK KE ARTIKEL LAINNYA